» » Pembacaan Deklarasi Damai Antara OKP Disaksikan Kapolres

Pembacaan Deklarasi Damai Antara OKP Disaksikan Kapolres

Penulis By on 6.02.2018 |

Belawan, DNO - Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH, MH Mediasi perselisihan antara PP dan IPK, bertempat di aula Polres Pelabuhan Belawan yang dihadiri Ketua MPC Pemuda Pancasila A.R. Batubara dan Ketua DPD IPK Ir. Tomas Purba pada Jumat, (01/06/2018).

Hadir dalam acara tersebut, Wakapolres, Para PJU Polres, Pengurus MPC Pemuda Pancasila Kota Medan, Pengurus DPD IPK Kota Medan, Pengurus PAC PP Medan Deli, Pengurus DPC IPK Medan Deli, Camat Medan Deli, Lurah Tanjung Mulia, Perwakilan Koramil Medan Deli

Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Ikhwan Lubis SH, MH dalam arahanya mengatakan,
Berterimakasi atas kehadiran seluruh peserta dalam kegiatan mediasi tersebut dan dalam rangka Bulan Suci Ramadhan sebaiknya masing – masing pihak menahan diri serta tidak mudah terpancing atas setiap permasalahan yang terjadi.

Kapolres menghimbau agar permasalahan yang terjadi diserahkan kepada Pihak Polres Pelabuhan Belawan untuk penegakan hukumnya dan berjanji akan bertindak secara professional.

Kapolres juga berharap dengan mediasi perdamaian ini tidak ada lagi terjadi perselisihan dan mengajak semua pihak untuk menciptakan situasi kondusif menjelang Hari Raya Idul Fitri serta Pilkada serentak 2018.

Ketua MPC PP Kota Medan, AR Batubara dalam sambutannya, berterimakasih atas undangan dari Kapolres Pelabuhan Belawan dan meminta maaf kepada pihak Polres Pelabuhan Belawan atas terjadinya perselisihan sehingga mengakibatkan pihak Polres Pelabuhan Belawan menjadi repot serta menerima keputusan perdamaian dan akan menjaganya demi situasi kamtibmas yang kondusif.

Ketua DPD IPK Kota Medan, Ir Tomas Purba mengucapkan, Terima kasih atas upaya yang dilakukan oleh pihak Polres Pelabuhan Belawan dan Pihak IPK menerima hasil mediasi perdamaian yang telah diputuskan serta akan menjaganya dengan meneruskannya kepada seluruh anggota untuk menciptakan situasi yang damai.

Selanjutnya seluruh peserta yang hadir dari pihak PP serta IPK membacakan deklarasi damai yang telah dibuat dan disepakati bersama oleh masing – masing pengurus dalam pertemua di ruang kerja Kapolres Pelabuhan Belawan yang berbunyi.

Kami dari organisasi kepemudaan Ikatan Pemuda Karya (IPK) dan Pemuda Pancasila (PP) di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan dengan ini menyatakan sikap :
1. Kami akan tetap menjaga situasi keamanan yang kondusif di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan.
2. Kami akan menolak adanya isu - isu atau berita HOAX yang bermaksud mengadu domba OKP IPK dengan OKP PP maupun OKP lain atau ormas unruk menjaga situasi yang kondusif di wilayah Polres Pelabuhan Belawan.
3. Kami menyatakan bahwa permasalahan yang terjadi antara OKP IPK.dengan OKP PP telah selesai dan tidak akan terulang kembali.

4. Kami OKP IPK dan OKP PP menyatakan siap membantu Polri khususnya Polres Pelabuhan Belawan untuk menjaga situasi keamanan yang kondusif di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan.

5. Kami siap dilakukan tindakan hukum apabila terjadi pertikaian atau yang menimbulkan suasana Kantibmas yang tidak kondusif.

Setelah selesai dibacakan bersama, Deklarasi Damai tersebut dtandatangani oleh Ketua MPC PP Kota Medan, Ketua DPD IPK Kota Medan, Pengurus PAC PP Medan Deli, Pengurus DPC IPK Medan Deli dan dikatahui oleh Camat Medan Deli dan Lurah Tanjung Mulia.

Kegiatan mediasi dan pembacaan deklarasi damai antara OKP Pemuda Pancasila dan OKP Ikatan Pemuda Karya tersebut selesai pada pukul 11.15 wib dalam keadaan aman dan baik dan dilanjutkan dengan foto bersama. (Erwin)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya