» » Danyon Zipur 1/DD : Tradisi Korps Penerimaan Anggota Baru Untuk Memupuk Jiwa Korsa dan Kebanggaan Satuan

Danyon Zipur 1/DD : Tradisi Korps Penerimaan Anggota Baru Untuk Memupuk Jiwa Korsa dan Kebanggaan Satuan

Penulis By on 9.09.2018 |

Medan, DNO - Untuk menanamkan rasa kecintaan terhadap satuan, Batalyon Zeni Tempur 1/Dhira Darma melaksanakan tradisi penerimaan anggota baru.Rangkaian tradisi tersebut dimulai dengan berlari dengan diiringi seluruh personel Yonzipur 1/DD, dari Mako Kompi Bantuan – Pulo Brayan hingga masuk ke Makoyonzipur 1/DD Jalan Kapten Muslim.

Dengan perlengkapan yang digunakan oleh peserta tradisi penerimaan anggota baru terdiri dari ransel dan helm serta dilanjutkan upacara tradisi penerimaan anggota baru yang dipimpin Oleh Pasi Ops Yonzipur 1/DD.

Dalam kegiatan ini terdapat 1 orang perwira 9 Bintara dan 25 Tamtama yang mengikuti kegiatan tradisi penerimaan anggota baru tersebut. Perlengkapan yang digunakan oleh peserta tradisi penerimaan anggota baru terdiri dari ransel dan helm.

"Tradisi korps merupakan sesuatu yang menjadikan satuan itu besar dan merupakan kebangaan masing-masing satuan. Batalyon Zeni Tempur 1/Dhira Dharma merupakan satuan jajaran TNI AD yang berada di bawah naungan langsung
Kodam I/BB yang juga memiliki tradisi dan kebangaan satuan. Salah satu
tradisi yang ada sampai saat ini dan merupakan kebangaan Batalyon Zeni Tempur 1/DD adalah tradisi penerimaan warga baru, "terang Komandan Batalyon Zeni Tempur 1/DD Letkol Czi Rielman Yudha kepada awak media.

Seluruh warga baru Yon Zipur 1/DD baik itu Perwira, Bintara maupun Tamtama tetap wajib melaksanakan Tradisi Penerimaan Warga Baru tersebut.

"Tujuan dari adanya tradisi ini adalah untuk memberikan pembekalan bagi warga baru dan pengenalan Satuan secara umum, sehingga memberikan gambaran kepada warga baru tentang kondisi Batalyon Zeni Tempur 1/DD, "ujar Danyon Zipur 1/DD Letkol Czi Rielman Yudha kepada awak media.

Selain memberikan pembekalan dan pengenalan satuan, tradisi ini juga bertujuan untuk memberikan rasa kebanggaan dan rasa memiliki terhadap Satuan ini. "Diharapkan dengan adanya rasa memiliki akan satuan ini, seluruh warga Yon Zipur 1/DD selalu berbuat yang terbaik dan selalu menjaga nama baik satuan Zenidimanapun dan kapanpun mereka berada, "pesan Danyon .

Abituren Akmil ini menambahkan bahwa setiap prajurit yang baru masuk dan bergabung di satuan Yonzipur 1/DD wajib melaksanakan tradisi tersebut, sehingga tercipta hubungan batin yang kuat baik antara satuan dan sesama personel. "Tradisi juga untuk rasa memiliki, memupuk jiwa korsa dan kebanggaan pada satuan serta memberikan motivasi dan kebanggaan kepada anggota yang baru masuk satuan". sebut Letkol Czi Rielman Yudha.

Usai melaksnakan tradisi korps Kegiatan dilanjutkan dengan acara pemberian selamat dari seluruh peserta upacara kepada peserta tradisi diawali oleh Danyonzipur 1/DD.( red ).
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya