» » Bangun Kedekatan TNI dengan Rakyat, Pendam I/BB Karya Bakti di Desa Dwikora Helvetia

Bangun Kedekatan TNI dengan Rakyat, Pendam I/BB Karya Bakti di Desa Dwikora Helvetia

Penulis By on 12.08.2018 |







MEDAN - DNO -    Dalam upaya membangun kedekatan dengan rakyat, personel Penerangan Kodam (Pendam) I/Bukit Barisan menggelar karya bakti pembersihan lingkungan di Desa Dwikora, Kec. Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat (7/12/2018).


Menurut Kasi Medlek Pendam I/BB, Mayor Inf Adrial, SPd yang memimpin kegiatan, karya bakti ini juga bertujuan untuk meningkatkan peran aparat Satuan Komando Wilayah (Satkowil) dalam rangka mewujudkan TNI AD yang terlatih, profesional dan manunggal dengan Rakyat.


“Kemanunggalan yang selama ini terbina dengan baik, akan semakin memperkokoh hubungan yang ada antara TNI dan masyarakat sebagai komponen bangsa dalam mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.


Tujuan lain dari kegiatan ini, lanjut Mayor Adrial, adalah sebagai sarana untuk membangun kebersamaan, kesadaran maupun meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan melalui gotong royong.


“Hal ini memang sering dilakukan warga, mengingat adanya tradisi turun-temurun warga yang selalu mengerjakan suatu pekerjaan secara bersama-sama,” katanya.


Lebih lanjut Kasi Medlek Pendam I/BB menyampaikan, gotong-royong selain untuk mempermudah dalam penyelesaian pekerjaan, juga merupakan tempat kita saling berintegrasi, bersilaturrahmi antarsesama warga masyarakat. Dengan demikian dapat menjadi salah satu modal ketahanan wilayah karena masyarakatnya yang kokoh dan kebersamaan.


“Maka dari itu, perlu sekali sejak usia dini menanamkan sikap gotong royong demi meningkatkan kesadaran tersebut. Tidak lupa, dibutuhkan juga peranan masyarakat dan keluarga dengan mencoba memulai melibatkan partisipasi anak terhadap kegiatan gotong royong. Diharapkan kedepannya TNI dan masyarakat tetap menjaga kebersamaan untuk dapat menciptakan Kemanunggalan TNI AD dengan Rakyat,” pungkasnya.


Hadir dalam kegiatan tersebut para Kasi Pendam I/BB, para Kaur Pendam I/BB, para Paur Pendam I/BB, personel Pendam I/BB, tokoh masyarakat, dan Babinsa jajaran Kodim 0201/BS Medan.(Sumber: Pendam I/BB /Red)

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya