» » Kasi Media Online Pendam I/BB Sosialisasikan Etika Penggunaan Medsos di Lingkungan Prajurit Rindam I/BB

Kasi Media Online Pendam I/BB Sosialisasikan Etika Penggunaan Medsos di Lingkungan Prajurit Rindam I/BB

Penulis By on 2.11.2019 |











DNO  /  Siantar.      Penerangan Kodam (Pendam) I/Bukit Barisan melalui Kasi Media Online, Mayor Inf Masniar HS memberikan materi sosialisasi etika penggunaan media sosial (Medsos) kepada prajurit TNI AD di lingkungan Resimen Induk Kodam (Rindam) I/Bukit Barisan di Pematangsiantar, Sumatera Utara, Senin (11/2/2019).


Menurut Mayor Inf Masniar HS, sosialisasi etika penggunaan medsos ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada warga Rindam I/BB terkait penggunaan akun jejaring sosial (sosmed) seperti facebook, twitter, instagram dan lainnya secara bertanggung jawab.


“Medsos memiliki dampak positif yang membawa manfaat dalam pertukaran informasi secara cepat dan akurat. Namun di sisi lain dapat pula menimbulkan berbagai dampak negatif yang akan berpengaruh secara langsung atau tidak langsung seperti penyebaran ideologi radikal, pornografi, perdagangan narkoba dan sebagainya,” jelas Mayor Inf Masniar HS.


Oleh sebab itu, lanjutnya, setiap prajurit TNI AD, terutama di lingkungan Rindam I/BB, harus hati-hati menggunakan media sosial. Jangan mem-posting rahasia yang berkaitan dengan kegiatan militer serta unggahan foto dengan pakaian seragam dalam kesempatan atau pose yang tak pantas,” tegasnya.


Menggunakan medsos harus selektif, sehingga dalam penggunaanya memiliki manfaat sebagaimana mestinya. “Menggunakan medsos secara kurang bijak dan selektif, seringkali justru menunjukkan hal-hal negatif yang sebenarnya tidak baik dan tidak pas untuk dilihat dan dibaca publik,” terang Mayor Inf Masniar HS.


Selain itu, Mayor Inf Masniar HS juga menyinggung soal aktivitas penggunaan medsos. Menurutnya, setiap prajurit harus tahu dan mengerti batas-batas penggunaan teknologi ini. “Tidak ada lagi yang meng-upload foto atau video yang dapat mengakibatkan tercemarnya nama baik terutama instansi TNI,” pungkasnya.

Di penguhujung kegiatan, Mayor Inf Masniar HS kembali menegaskan, bahwa pemanfaatan medsos seperti facebook, whatsapp, instagram, twitter, youtube dan lainnya harus sesuai dengan aturan, sehingga tidak memunculkan polemik di kemudian hari.

Hadir dalam kegiatan ini, antara lain para pejabat utama Rindam I/BB, para Perwira Staf dan seluruh prajurit TNI AD Rindam I/BB. (Sumber: Pendam I/BB)


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya