» » Ingin Mengenal Lebih Dekat Sosok Putra Sleman, Komandan Denpom I/5 Medan yang Baru

Ingin Mengenal Lebih Dekat Sosok Putra Sleman, Komandan Denpom I/5 Medan yang Baru

Penulis By on 3.28.2019 |









DeteksiNusantara. Id  /

Letkol Cpm Anggun Hendryantoro resmi memegang tongkat komando Detasemen Polisi Militer (Denpom) I/5 Medan, Sumatera Utara.

Alumni Akademi Militer, Magelang, tahun 2000 ini menggantikan pejabat lama, Letkol Cpm Sudarsono yang mendapat tugas baru di Kementerian Pertahanan RI, Jakarta.

Dalam acara lepas-sambut Komandan Denpom I/5 Medan yang digelar di Markas Denpom I/5 Medan, Jln Letjen Suprapto Medan, Selasa (26/3/2019) kemarin, Letkol Cpm Anggun Hendryantoro yang mengenakan topi dan sarung adat Malayu Deli, memperkenalkan diri kepada hadirin dan undangan yang datang di acara. Ia didampingi istri yang juga mengenakan selendang motif khas Melayu Deli.

Mengawali kata pembukanya, Letkol Cpm Anggun Hendryantoro lebih dulu mengucapkan terima kasih kepada seniornya, Letkol Cpm Sudarsono. Di mata putra kelahiran Sleman, Yogyakarta ini, seniornya yang merupakan alumni Akmil 1997 itu, telah banyak memberikan kontribusi yang positif demi meningkatkan profesionalitas para anggota Denpom 1/5 dalam mengemban tugas.

“Perkenalkan, saya asli Sleman, Yogyakarta, lulusan Akademi Militer, Magelang tahun 2000,” ucap Letkol Cpm Anggun Hendryantoro.

Sejak lulus perwira TNI, Hendry –begitu sapaan akrabnya– langsung ditugaskan di Pomdam XVI/Pattimura. Tak kurang dari 10 tahun lamanya, Hendry mendedikasikan tugas, tenaga dan pikirannya di Kota Ambon.

Keluar dari Kota Manise itu, Hendry melanjutkan pendidikan sekolah perwira di Kelapa Dua, Jakarta. Lalu mendapatkan penempatan tugas di Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Puspomad), Jakarta Pusat.

“Setahun berdinas di Puspomad, saya saya mendapatkan kesempatan beasiswa Kementerian Pertahanan. Jadi kalau Pak Sudarsono baru akan ke Kementerian Pertahanan, saya sudah merasakannya lebih dahulu (beasiswanya),” ucap Hendry.

Ternyata, rasa “dahaga” terhadap dunia keilmuan di kampus, membuat Hendry tak merasa puas hanya karena sudah mengenyam pendidikan setingkat S-1 di Kemhan.

Jenjang pendidikan Strata 2 Universitas Gadjah Mada (UGM) pun disasarnya. Ketekunan dan keuletannya menyerap ilmu di bangku kuliah, membuat Hendry lulus dengan cepat.

Setelah menyandang gelar master (S-2), Hendry kembali mendapat promosi penugasan kedinasan. Kali ini, ia ditempatkan di Pomdam VI/Mulawarman, Balikpapan. Di sini, Hendry mendapat amanah jabatan sebagai Kasi Lidpamfik (Kepala Seksi Penyelidikan dan Pengamanan Fisik).


Dari Pomdam VI/Mulawarman ini, karir militer Hendry terasa semakin bersinar. Tahun 2017 lalu, ia pun mendapat kesempatan untuk mengikuti Pendidikan Reguler Angkatan LV Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Dikreg LV Seskoad).

“Selesai pendidikan, saya ditempatkan di Pusdik POM sebagai komandan satuan bintara, dan tamtama. Dan saat ini, saya mencoba peruntungan di Medan dengan menjadi Dandenpom 1/5 menggantikan abang saya, bang Sudarsono,” terangnya.

Di hadapan para tamu yang menghadiri acara lepas-sambut Dandenpom I/5 Medan itu, Hendry mengaku, dirinya bersama Letkol Cpm Sudarsono telah lebih dulu menghadap para pimpinan, sebelum melakukan prosesi serah terima jabatan (sertijab).

“Saya banyak mendapatkan bekal pengetahuan ditambah dengan gambaran dinamika Kota Medan ini. Insya Allah, kami siap melanjutkan kepemimpinan Letkol Cpm Sudarsono. Kami sempat bertemu dengan bang Sudarsono di Puspomad, dan kami tahu bagaimana totalitas, dedikasi dan kinerja dari Letkol Cpm Sudarsono. Jadi saya yakin, bang Sudarsono saat meninggalkan Denpom I/5 Medan ini, pasti dalam keadaan semuanya sudah tertata dan saya tinggal melanjutkan saja,” pungkas Hendry.

Usai acara perkenalan secara singkat riwayat kedinasannya, Dandenpom I/5 Medan, Letkol Cpm Anggun Hendryantoro beserta istri dikenakan seperangkat pakaian adat Melayu Deli oleh Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution.

Acara lepas-sambut Dandenpom I/5 Medan yang penuh kesan bagi Letkol Cpm Anggun Hendryantoro bersama istri, turut dihadiri Dandim 0102/BS, Wakil Danpom I/BB, para Danyon satuan, Kapoldasu yang diwakilkan oleh AKBP Triyadi, dan Kapolrestabes Medan yang diwakilkan oleh Kasi Propam.(Indra. Hsb)

*Sumber: Pomdam I/BB

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya