» » Jalan Tanjakan, Hingga Perbukitan Terjal Suguhan Untuk Satgas TMMD Kodim Pariaman

Jalan Tanjakan, Hingga Perbukitan Terjal Suguhan Untuk Satgas TMMD Kodim Pariaman

Penulis By on 3.21.2019 |









DeteksiNusantara.Id  / Prm

Meski medan curam berbukitan yang terjal dengan beralasakan tanah, bagi Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Kodim 0308/Pariaman, tidak jadi masalah untuk membangun infrastruktur di wilayah Korong Bukik Jariang Nagari Guguak Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).


Dengan berbekal pengalaman, personel Satgas dibantu warga mengerjakan fasilitas-fasilitas menunjang kesejahteraan masyarakat di kampung yang sebagian besar penduduknya mengais rupiah dari bertani itu

Jalan berlumpur, mengarungi sungai dan melintas perbukitan sudah menjadi ‘makanan empuk’ bagi Satgas setiap harinya di lokasi dilaksanakannya TMMD.

Medan yang terjal dan penuh tanjakan, seakan menyambut para Satgas sebelum memulai aktifitas sehari-harinya. Bahkan, jalur sungai yang penuh dengan batu kerikil itu, merupakan akses utama masuknya setiap material-material guna pembangunan Korong Bukik Jariang Nagari Guguak Kuranji Hilir.

Dansatgas TMMD Kodim 0308/Prm Letkol Arm Heri Pujiyanto. S. Sos mengungkapkan, untuk masuk kelokasi TMMD, kendaraan harus melintas sungai bebatuan , karena tidak ada akses lain, selain jalan setapak diatas. Untuk itulah, kita (Satgas) membuka jalan agar masyarakat bisa melintas dengan normal.

Meskipun demikian, kata Letkol Arm Heri, hal itu bukanlah suatu kendala bagi para personel Satgas untuk terus mengebut setiap pembangunan yang sudah ditentukan di dalam program TMMD saat ini. “Ya mau bagaimana lagi ya, akses utama cuma jalan melalui sungai,kalau yamg kita buka selesai, nantinya masyarakat akan bisa gunakannya, “sebut Heri.

Menurutnya, dengan tenggang waktu Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 104 Kodim 0308/Pariaman memasuki tiga pekan pengerjaan seluruh sasaran fisik dikebut. Meskipun belum sebulan dilaksanakan hasilnya sudah mencapai 80 persen seluruh sasaran fisik.

“Tenggang waktu yang tinggal beberapa hari lagi dan semakin menyempit. Satuan Tugas (Satgas) TMMD Kodim 0308/Pariaman dibantu warga kebut pekerjaan semua titik kegiatan sesuai dengan rencana, “ungkap Dansatgas TMMD ke-104 Kodim 0308/Pariaman Letkol Arm Heri Pujiyanto. S. Sos, Senin (18/03/2019)

Lanjut dijelaskan Dansatgas bahwa saat ini seluruh Tim Satgas lapangan melanjutkan pembuatan jalan sepanjang 4×3.600 meter dan lebar 6 meter, dua unit rumah tidak layak huni (RTLH) ,pembangunan jembatan 3 M x 5,5 MM x 6 M, pemasangan batu kali talut 1 titik, pembuatan jembatan Plat 60 CM x 6 M 2 titik, pembuatan jembatan Plat 2 M x 2 M x 7 M 1 titik, rehab Masjid 1 unit, rehab Mushalla. 1 unit rabat beton 4,5M x 12 CM x 80M.

“Setiap tim Satgas sebanyak 4 orang dibantu beberapa orang warga masyarakat untuk mengerjakan sasaran fisik, terkecuali pembuatan jalan hanya Satgas dan alat berat yang kita kerahkan, “terang Abituren Akmil 1999 ini.

Dalam melaksanakan kegiatan Satgas TMMD tidak mengenal waktu dan cuaca tersebut mempercepat pembangunan di semua titik kegiatan, hal ini guna mengejar target waktu yang disediakaan.”Apapun kita (TNI)
akan dilakukan untuk membantu masyarakat agar sejahtera dengam hasil TMMD, “sebut mantan Danyon Armed 2/105 Kilap Sumagan ini.

Masih kata Dansatgas bahwa dalam mengerjakan semua sasaran fisik ini sudah melalui perhitungan waktu yang telah ditentukan sehingga kita harus benar benar menyesuaikannya. “Sebelumnya Tim pengawasan dan evaluasi (Wasev) dari Kemhan yang dipimpin Brigjen TNI Herman Djatmiko dan Kolonel lnf Achmad lndra.S,telah meninjau pekerjaan fisik sasaran TMMD Kodim Pariaman dan mereka tidak kecewa dengan hasil pekerjaan Satgas, “sebut Heri. (Indra. Hsb)

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya