» » Dandim 0308/Pariaman: Program Sejuta Jamban Dukung Pemerintah Wujudkan Masyarakat yang Sehat

Dandim 0308/Pariaman: Program Sejuta Jamban Dukung Pemerintah Wujudkan Masyarakat yang Sehat

Penulis By on 4.24.2019 |








DeteksiNusantara. id /
PARIAMAN|
Guna mendukung pemerintah dalam mewujudkan pola hidup sehat bagi masyarakat kurang mampu,TNI melaksanakan karya bhakti Program Sejuta Jamban.Seperti yang dilaksanakan Kodim 0308/Pariaman saat ini. Akibat masih minimnya sanitasi jamban sehat diwilayah teritorialnya,Kodim 0308/Pariaman melalui Koramil jajaran melaksanakan Program Pembuatan Seribu Jamban untuk mewujudkan pola hidup sehat masyarakat kurang mampu.

Kali ini, Koramil 02/Sungai Limau menargetkan akan mewujudkan pembangunan Sejuta Jamban bagi masyarakat kurang mampu.


Komandan Kodim 0308/Pariaman,Letkol Arm Heri Pujiyanto. S. Sos, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan Program Seribu Jamban yang digencarkan oleh Kodim 0308/Pariaman untuk melaksanakan program jambanisasi melalui Babinsa yang bertugas di desa binaan masing-masing.

Program pembuatan Seribu Jamban ini adalah upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya kalangan menengah ke bawah untuk meningkatkan pola hidup sehat. “Kita menghadirkan program ini sebagai upaya membantu masyarakat yang belum memiliki jamban ada dalam setiap rumah warga agar kesehatannya makin terjamin,”ujar abituren Akmil 1999 yang sebelumnya menjabat Danyon Armed 2/105 Kilap Sumagan.

Masih dikatakan Dandim bahwa, TNI akan terus berupaya membantu kesulitan rakyat di sekelilingnya, karena kegiatan ini merupakan salah satu Bakti TNI pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

"Program seperti ini juga pastinya dilakukan oleh seluruh satuan TNI Angkatan Darat di Indonesia, karena TNI lahir dari rakyat dan berbuat untuk rakyat,”cetus Dandim, Selasa (23/04/2019).


Kami melaksanakan program karya bakti dalam bentuk pembuatan jamban untuk membantu masyarakat tidak mampu di Korong Koto Pauh,Nagari Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau,Kab Pariaman, Sumbar.


Kapten Arm Azral didampingi Serma Khairul Anwar sebagai Babinsa setempat menyebutkan, pembangunan jamban ini penting khususnya bagi keluarga kurang mampu yang terbatas keuangan demi kesehatan karena sangat mempengaruhi kebersihan lingkungan."Jamban ini dikhususkan untuk masyarakat miskin yang belum memiliki jamban," katanya lagi. 
 
Menurutnya, sanitasi lingkungan sangat penting, karena kesehatan sangat dipengaruhi kebersihan lingkungan. Salah satunya diwujudkan dalam bentuk pembuatan jamban.

"Tujuan karya bakti TNI pembuatan jamban adalah untuk membantu tugas pemerintah daerah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," terangnya.

Selain itu juga sekaligus memotivasi masyarakat dalam menjaga kesehatan lingkungan."Karya bakti TNI pembuatan jamban ini dilaksanakan dengan cara bekerja sama dengan aparat Nagari terutama pemilik rumah, "sebutnya.

Danramil menambahkan, ini merupakan bagian dalam rangka mensukseskan program TNI AD membangun Sejuta Jamban.

"Ini juga sekaligus sebagai salah satu program serbuan teritorial yang di laksanakan oleh TNI AD khususnya Kodim 0308/Pariaman, " tegasnya.

Selain itu, karya bakti TNI ini juga sebagai salah satu sarana untuk lebih mendekatkan diri dengan rakyat, sehingga kemanunggalan TNI-Rakyat akan tetap terjalin dengan baik sehingga menjadi kekuatan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), "jelasnya.( Red/ Indra. Hsb)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya