» » KASAL Tinjau Unsur Satgasla Pengamanan Menjelang Pengumuman Hasil Pemilu 2019

KASAL Tinjau Unsur Satgasla Pengamanan Menjelang Pengumuman Hasil Pemilu 2019

Penulis By on 5.22.2019 |









DeteksiNusantara. id /
Jakarta, 21 Mei 2019,-- Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., melaksanakan inspeksi terhadap kesiapan satuan Tugas Laut (Satgasla) Pengamanan menjelang pengumumman hasil Pemilu 2019 bertempat di Dermaga Jakarta International Container Tread (JICT) II Tanjung Priok Jakarta Utara, Selasa (21/5).

Turut mendampingi KASAL dalam kegiatan tersebut adalah Asisten Pengamanan (Aspam) KASAL, Asisten Operasi (Asops) KASAL, Asisten Logistik (Aslog) KASAL, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I, Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal), Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) dan Komandan Lantamal III.

Pada Satgasla Pengamanan pengumuman hasil Pemilu 2019, TNI Angkatan Laut menyiapkan dua unsur KRI yaitu KRI dr. Soeharso-990 dengan onboard 2 heli dan KRI Semarang-594 yang langsung dibawah kendali Mabes TNI.

Pada kesempatan tersebut, KASAL meninjau kesiapan personel dan material serta cara bertindak atas segala kemungkinan yang terjadi secara rinci.

Sesuai dengan UU TNI bahwa pelibatan TNI sudah diatur dalam UU TNI Nomor 34 Tahun 2004 pasal 7 ayat (3) bahwa pelibatan dan perbantuan militer dalam keamanan membantu Polri bisa dilakukan dalam tugas TNI pada OMSP (Operasi Militer Selain Perang) yang bisa dan boleh dilakukan jika ada keputusan politik negara.

Satgasla yang dikomandoi oleh Komandan Satkor Koarmada I Kolonel Laut (P) Mochammad Riza, S.E., menegaskan bahwa dua KRI tersebut bertugas sebagai unsur stand by escape dan hospitalisasi dalam menghadapi segala kemungkinan yang bisa terjadi di Ibu Kota Jakarta pada pengumuman hasil Pemilu 2019 tanggal 22 Mei 2019.(Indra. Hsb)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya