» » Kapolres Pelabuhan Belawan Tinjau Masyarakat Lomba Kebersihan Sampah

Kapolres Pelabuhan Belawan Tinjau Masyarakat Lomba Kebersihan Sampah

Penulis By on 10.03.2019 |






Deteksinusantara. id /

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan, SH.MH didampingi Waka Polsek Medan Labuhan AKP Ponijo dan personil Polres Pelabuhan Belawan tinjau tumpukan sampah di bantaran Sungai Deli di Lingkungan 25 Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan.


Dalam tinjauan tersebut, masyarakat setempat diperlombakan pungut sampah di bantaran Sungai Deli tersebut, Kapolres Pelabuhan Belawan hargai sampai yang dipungut masyarakat Rp. 200 per kg pada. Jum’at (20/9) pukul 09.00 WIB.


Rombongan Polres Pelabuhan Belawan kunjungi tumpukan sampah di bantaran sungai deli di lingkungan 25 Kelurahan Pekan Labuhan berkaitan dengan hari sampah sedunia yang ditetapkan esok hari, Sabtu 21 September 2019. Dalam himbauannya, Kapolres Pelabuhan Belawan minta masyarakat tidak buang sampah sembarangan.


“Mari kita jaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, dengan begitu lingkungan tempat kita tinggal akan nyaman dan asri. Bila lingkungan kita bersih maka penyakit akan jauh dan kita hidup sehat”. Himbau AKBP Ikhwan, SH.MH.



UKetika ditanya upaya menjaga kebersihan di bantaran sungai deli lingkungan 25 Kelurahan Pekan Labuhan, Kapolres Pelabuhan Belawan bersama Pemerintah Kota Medan akan dirikan pos pengawasan.


Untuk mengawasi terjadinya buang sampah di bantaran sungai deli, kami (Polres Pelabuhan Belawan ) bersama dengan Kepala Lingkungan akan dirikan pos di sekitar bantaran sungai deli dengan tujuan dapat mencegah terjadinya buang sampah sembarangan. Kita berharap upaya ini nantinya menjadi contoh di daerah lain hususnya di Medan Utara sehingga wilayah kita bebas dari sampah”. Harap Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan, SH.MH


Himbauan kebersihan juga disampaikan Komunitas Bank Sampah Joni Pranata. “Harapan kita masyarakat tidak lagi buang sampah sembarangan. Komunitas Bank Sampah akan bekerjasama dengan Polres Pelabuhan Belawan untuk mengatasi sampah-sampah dari masyarakat. Kami akan hargai sampah-sampah tersebut Rp. 200 per kg dimana komunitas bank sampah akan datang 1 minggu sekali untuk mengangkut sampah yang dikumpul masyarakat dan akan kami bayarkan pada akhir bulan sesuai dengan banyaknya sampah yang terkumpul”. Kata Joni.


Sementara Lurah Pekan Labuhan Khairun Nasir melalui Kepala Lingkungan 25 Sabaruddin dan didampingi Kepala Lingkungan 23 Kelurahan Pekan Labuhan Ramlan Rahidin harapkan kesadaran masyarakat dan peningkatan sumber daya masyarakat. “Kami Kelurahan Pekan Labuhan 1 Minggu sekali laksanakan kegiatan bersih lingkungan, dimana program tersebut merupakan program Kelurahan Pekan Labuhan atas perintah Walikota Medan. Selain itu, setiap harinya tiap tiap lingkungan juga dilakukan kebersihan. Meskipun begitu, kesadaran masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan sangat kita harapkan, begitupun sumber daya masyarakatnya, dengan begitu kesadaran akan bersihnya lingkungan akan terwujud”. Harap Kepala Lingkungan.


Masyarakat lingkungan 25 Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan bersama tampak semangat bersihkan sampah di bantaran sungai deli. Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan, SH.MH turut serta membantu masyarakat bersihkan bantaran sungai deli dari tumpukan sampah yang menggunung.


Usai tinjau masyarakat pungut tumpukan sampah di bantaran sungat deli, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan, SH.MH bersama rombongan lanjutkan kegiatan Jum’at berkah di rumah singgah sahabat Polisi di Belawan. Usai Sholat Jum’at, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan, SH.MH makan siang bersama ratusan masyarakat dan abang becak. (red)

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya